Namaku Atika Irawan

Perkenalkan nama saya Atika Irawan. Biasanya orang-orang memanggil saya Atika atau Tika. Orang tua saya mengambil nama “Atika” dari bahasa Arab, hanya saja biasanya didalam bahasa Arab tertulis “Atikah”. Namun setelah meng-google-ing, banyak arti lain dari nama Atika. Dalam bahasa Arab kata “Atika” berarti “aku datang padamu”. Berhubung nama belakang “Irawan” diambil dari nama ayah, hal ini dapat diartikan bahwa arti nama saya keseluruhan adalah “anugrah yang datang kepada keluarga Irawan”.

Selain “aku datang padamu”, kata “Atika” juga diartikan sebagai “Pemurah” dalam bahasa Arab. Walaupun dalam bahasa Arab kata ini tertulis sebagai “Atikah”, tapi ini merupakan doa yang diberikan orang tua saya sebagai harapan mereka terhadap saya. Yaitu menjadi orang yang pemurah.

Setelah melanjutkan artikel yang saya dapat di Google ternyata tidak hanya itu arti kata “Atika”. Dalam bahasa Jawa, kata “Atika” dapat pula diartikan sebagai “yakni”. Maka jika digabungkan dengan nama belakang saya, maka akan menunjukan siapa saya dan dari keluarga mana saya berasal “yakni keluarga Irawan”.

Apabila nama saya diubah cara penulisannya menjadi “’Aatikah” maka arti dari nama saya akan berubah menjadi “jernih, mulia”. Maka apabila saya gabungkan dengan nama panjang yang telah saya miliki maka nama saya secara keseluruhan dapat diartikan “Sebagai orang yang mulia dan berpikiran jernih dari keluarga Irawan”.

Nama merupakan doa yang diberikan orang tua kepada anaknya. Dari nama yang diberikannya ini, orang tua saya memberi beberapa doa kepada saya yaitu agar menjadi orang yang pemurah, orang yang ingat keluarganya, orang yang dapat berpikiran jernih, dan menjadi orang yang mulia. Semoga semua doa yang mereka berikan terkabul dan saya dapat membahagiakan mereka.

Leave a Reply

